8 Cara Ini Terbukti Mampu Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet atau Fitnes

Menurunkan berat badan tanpa diet maupun latihan fitnes mungkin menjadi hal yang sangat mustahil bagi kalian yang akan ada program menurunkan berat badan. Namun hal ini bisa saja terjadi karena kami akan memberikan tipsnya buat kalian yang terbukti ampuh untuk diterapkan dan mencegah terjadinya kenaikan berat badan di kemudian hari.
Cara menurunkan berat badan tanpa diet atau fitnes yang bisa kalian terapkan tergolong sangat mudah dan semua orang mampu melakukannya karena semua yang kalian butuhkan hanya sebuah kebiasaan yang baik. Inilah 8 Cara menurunkan berat badan tanpa diet atau fitnes.
menurunkan berat badan


1. Mengunyah Makanan dengan Benar dan Pelan-Pelan

Otak kalian sebenarnya memerlukan waktu untuk memproses bahwa kalian sudah cukup makan.
Mengunyah makanan kalian lebih baik membuat kalian akan makan lebih lambat, hal ini berhubungan dengan asupan makanan berkurang, kekenyangan dan porsi makanan yang lebih kecil.

Seberapa cepat kalian makan makanan kalian juga dapat mempengaruhi berat badan Anda.
Sebuah penelitian baru-baru ini melaporkan bahwa orang yang makan cepat lebih mungkin untuk mendapatkan berat badan, dibandingkan dengan orang yang makan secara pelan-pelan.


Orang yang makan secara cepat juga jauh lebih cenderung menjadi gemuk. Untuk bisa melakukan kebiasaan makan lebih lambat, cara yang mungkin dapat membantu adalah dengan menghitung berapa kali kalian mengunyah pada setiap gigitan.
Makan makanan secara perlahan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dengan kalori lebih sedikit. Ini adalah cara mudah untuk menurunkan berat badan dan mencegah penambahan berat badan.

2. Gunakan Piring Kecil Untuk Makanan yang Kurang Sehat 

Beberapa tahun terakhir design piring cenderung lebih besar. Hal ini sangat disayangkan karena ketika kita menggunakan piring yang kecil kita bisa makan lebih sedikit dan makanan akan terlihat banyak. Pada kebalikannya jika kalian menggunakan piring yang lebih besar akan terlihat makanan lebih sedikit sehingga ada keinginan buat menambah makanan.
Nah kalian bisa menggunakan piring yang besar untuk makan makanan yang lebih sehat dan piring kecil digunakan untuk makanan yang kurang sehat. 

Piring kecil dapat mengelabui otak kalian berpikir kalian makan lebih dari porsi kalian sebenarnya. Oleh karena itu, porsi untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dari piring yang lebih kecil, menyebabkan kalian makan lebih sedikit.

3. Makan Makanan Yang Mengandung Banyak Protein

Protein memiliki efek yang kuat terhadap pada nafsu makan kalian. Hal ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, serta mengurangi kelaparan dan membantu kalian makan lebih sedikit kalori. Hal ini mungkin karena protein mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk ghrelin dan GLP-1.

Suaatu studi menemukan bahwa peningkatan asupan protein dari 15% sampai 30% dari kalori membantu seseorang makan 441 kalori lebih sedikit per hari dan kehilangan 11 pon dalam 12 minggu, tanpa sengaja membatasi apa-apa.

Jika saat ini kalian makan sarapan yang berbahan dasar dari nasi, maka kalian mungkin dapat mempertimbangkan untuk beralih ke pilihan yang kaya protein, seperti telur.

Dalam studi kasus, wanita yang  kelebihan berat badan atau obesitas yang memakan telur untuk sarapan makan lebih sedikit kalori saat makan siang dibandingkan dengan mereka yang makan sarapan berbahan dasar gandum.

4. Menyajikan Porsi Yang Lebih Sedikit 


Porsi yang lebih besar mendorong orang untuk makan lebih banyak, dan telah dikaitkan dengan peningkatan berat badan dan obesitas.Dalam Suatu penelitian pada orang dewasa menemukan bahwa dua kali lipat ukuran makan malam meningkat asupan kalori sebesar 30%.
Menyajikan porsi yang lebih sedikit untuk diri sendiri akan sedikit banyak mungkin membantu kalian makan secara signifikan makan lebih sedikit makanan. Dan kalian mungkin tidak akan melihat perbedaanya.

5. Minum Air Putih Secara Teratur 


Minum air dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika Anda minum sebelum makan.
Pada orang dewasa menemukan bahwa minum setengah liter air, sekitar setengah jam sebelum makan, dapat mengurangi rasa lapar dan membantu mereka makan lebih sedikit kalori.
Seseorang yang minum air sebelum makan akan kehilangan 44% lebih berat selama 12 minggu, dibandingkan dengan mereka yang tidak.


6. Makan Makanan Yang Kaya Serat


Mengonsumsi makanan kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang, serta dapat membantu kalian merasa kenyang lebih lama. Studi juga menunjukkan bahwa jenis khusus dari serat, disebut serat kental, sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini meningkatkan kenyang dan mengurangi asupan makanan. Serat kental membentuk gel ketika datang di kontak dengan air. gel ini meningkatkan waktu yang diperlukan untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pengosongan lambung. 
Serat kental hanya ditemukan dalam makanan nabati. Contoh termasuk kacang-kacangan, sereal oat, kubis Brussel, asparagus, jeruk dan biji rami. Suplemen penurunan berat badan yang disebut glukomanan juga sangat tinggi serat kental.
Serat kental sangat membantu dalam mengurangi nafsu makan dan asupan makanan. Serat ini membentuk gel yang memperlambat pencernaan.

 

7. Tidur dan Hindari Stress


Ketika berbicara tentang kesehatan,  tidur dan stress sangat sering diabaikan. Namun pada kenyataannya tidur dan stress memiliki efek yang besar terhadap nafsu makan dan berat badan. Kurang tidur juga dapat mengganggu nafsu makan yang dapat menyebabkan kalian ingin makan terus.

 

8. Mengurangi Minum Minuman yang Manis 


Menambahkan gula mungkin sangat baik pada minuman, namun juga dapat menjadi bahan terburuk untuk dieti. Minuman manis, seperti soda, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai penyakit.

Hal ini tentu sangat mudah untuk mengambil dalam jumlah besar kelebihan kalori dari minuman manis, karena kalori cair tidak mempengaruhi kekenyangan seperti makanan


Mengurangi minum minuman manis sepenuhnya dapat memberikan manfaat kesehatan jangka panjang yang sangat besar. Namun, perlu diketahui bahwa kalian tidak harus mengganti soda dengan jus buah, karena bisa jadi memiliki kadar gula yang tinggi. Minuman sehat untuk minum adalah air putih, bukan termasuk kopi.

Itulah kedelapan cara yang dapat kalian gunakan untuk dapat menurunkan berat badan kalian. Silahkan dicoba dan buktikan sendiri. Budayakan hidup lebih sehat. 


0 comments